Gelar Baitul Arqam Dasar, Panti Asuhan Muhammadiyah Jembrana Kuatkan Nilai-nilai Persyarikatan Kepada Santri

 

Jembrana, Perkaderan menjadi hal yang wajib dalam sebuah pergerakan, tidak terkecuali Muhamadiyah dimulai dari perkaderan formal hingga nonformal. Berkaitan dengan itu, Sabtu, 16/12/2023, Panti Asuhan Muhammadiyah Jembrana mengadakan Baitul Arqam Dasar bagi santri dengan tema “Penanaman Nilai-nilai Ideologi Ikatan Guna Tercapainya Kader Militan, Intelektual, dan Progresif. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari untuk menguatkan dan  membekali santri ketika hendak kembali ke rumah untuk liburan.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan lomba-lomba seperti pidato dan azan, sehingga diharapkan bisa menjadi ajang untuk meningkatkan kemampuan santri. Sehingga, dalam sambutannya, Hj. Sugini, S.Pd., selaku pimpinan panti asuham muhammadiyah Jembrana menyampaikan bahwa kegiatan ini selain sebagai bekal pengetahuan, juga sebagai bekal agar bisa menjadi lebih dewasa, lebih mandiri dan berani tampil.

“Harapannya santri-santri bisa menjadi lebih dewasa, lebih mandiri dan berani tampil. Sekaligus memotivasi anak-anak,” Terangnya.

Baca Juga : Perjalanan Budi Daya Ikan Lele Panti Asuhan Muhammadiyah Jembrana dengan donatur YBM PLN Bali

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jembrana sekaligus membuka kegiatan yang diwakilkan oleh Indro Saptono, S.E., selaku sekretaris PDM Jembrana. Dalam sambutannya, sekretaris PDM mengapresiasi kegiatan ini yang tujuannya adalah untuk menyampaikan nilai-nilai kemuhamadiyahan.

“Kami sangat berterima kasih atas diselenggarakannya kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menyampaikan nilai-nilai kemuhammadiyahan,” Ucapnya.

“Kegiatan ini diharapkan bisa menjadikan santri-santri sebagai kader yang militan yang mampu menyampaikan dan memperjuangan nilai-nilai persyarikatan Muhammadiyah,” Sambungnya.

Adapun muatan materi yang disampaikan dalam kegiatan ini yang pertama, Aqidah akhlak. Kedua, Ketarjihan. Pada materi ini, santri dikenalkan dengan tarjih dan produk-produk tarjih Muhamadiyah. ketiga, Kemuhammadiyahan sebagai bentuk penguatan dan pendalaman nilai-nilai dalam persyarikatan Muhammadiyah. Ketiga, Ke-IPM-an dan yang terakhir adalah penguatan literasi dasar.

Post a Comment

0 Comments