Monday, June 28, 2021

Darul Arqom Panti Asuhan Muhammadiyah Jembrana

 

Panti Asuhan Muhammadiyah Jembrana Bali mengadakan Darul Arqom pada tanggal 26 juni s/d 27 Juni 2021. Dengan tema Membangun Kader Muhammadiyah yang Berkemajuan.

 

Kegiatan ini bertujuan agar anak-anak Panti Asuhan bisa mengetahui tentang Muhammadiyah, visi dan misi Muhammadiyah sehingga dapat meningkatkan kepedulian terhadapat organisasi yang menaunginya. Selain itu harapan lainnya adalah dapat meneruskan cita-cita Muhammadiyah yang siap berdakwah dan selalu menebar kebaikan diantara sesama insan.

 

Acara dimulai pukul 08.00 WITA. Kegiatan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah dan mars IPM Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

 


Sambutan Pertama oleh Ketua Panti Asuhan Muhammadiyah yaitu  Ibu Hj. Sugini,S.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Penasehat  Panti Asuhan yaitu Bapak H. Ansori Hasbullah,M.Pd.I. 


Dalam sambutan ini Bpk.H.Ansori menegaskan tentang pentingnya organisasi Muhammadiyah  sehingga sangat diperlukan membangun kader Muhammadiyah yang berkemajuan. Sambutan terakhir oleh Ketua PDM Muhammadiyah Kab. Jembrana Bpk. Edi Susilo,MM sangat mengapreasi dan mendorong agar Darul Arqom ini diadakan setiap tahun atau per semester.

 

Poin yang ditangkap dalam sambutan tersebut Para penasehat, Ketua Panti serta seluruh komponen yang terlibat merasa bangga terhadap putra-putri Panti Asuhan Muhammadiyah Kab.Jembrana. Dengan kegitan Darul Arqom ini diharapkan semakin memperkuat kader Muhammadiyah untuk kedepannya.


Tepat pukul 10.00 materi pertama  yaitu Dinamika Kemuhammadiyahan yang disampaikan oleh Ketua PDM, Bpk. Edi Susilo. Narasumber memaparkan tentang organisasi Muhammadiyah itu terdiri dari  Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) yang ada di kecamatan. Kemudian ada Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) yang berada di kabupaten. Selain PCM dan PDM ada Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kecamatan,  Pimpinan Daerah Aisyiyah tingkat Kabupaten, Pemuda Muhammadiyah ,  LAZISMU  dan Ortom Ortom Lainnnya Termasuk Panti Asuhan Muhammadiyah.


 

Pukul 11:00 WITA  materi selanjutnya Etika di Era Digital yang dibawakan oleh Bpk. Agus Setiawan.  Beliau memaparkan jika Etika Digital itu sama seperti  kehidupan sehari-hari perlu memperhatikan  norma agama, norma kesopanan dan norma hukum.

 

Pukul 12.00 s/d 13.00 adalah kegiatan istirahat, shalat, makan (ISHOMA). Tepat pukul 13.00 hingga 16.00 acara dilanjutkan kembali dengan materi yang disampaikan oleh Ibu.Hj. Azizah dan Ibu.Hj. Firdaus Baras dengan tema Kemuhamamadiyahan. Setelah shalat Ashar dilanjut kembali oleh Bpk.H.Erson Effendi,S.Ag.MAP. dengan materi Aqidah Akhlak.

 

Pukul 17.30 kegiatan ditutup untuk mandi. Selesai Sholat Maghrib  acara dimulai kembali untuk kegiatan lomba-lomba antara lain lomba pidato, lomba azan, lomba hafalan surat. Tepat pukul 22.00 WITA anak-anak dipersilakan untuk beristirahat.

 

Pukul 03.00 dini hari anak-anak mulai mempersiapkan diri untuk shalat Tahajud di Lanjut sholat Subuh dan  kegiatan Kajian Subuh/ Fiqih (Tarjih) yang disampaikan oleh Ust.Imron. 

 

Setelah sarapan kegiatan Darul Arqom dimulai kembali dengan lanjutan materi Kemuhammadiyahan oleh Ibu H.Azizah dan H.Firdaus.

 

Pukul 10.30 WITA Penutupan Acara Darul Arqom dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, menyanyikan lagu Indonesia Raya,  mars Muhammadiyah dan mars IPM.  Dilanjut dengan pengumuman hasil lomba.


Acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua MCCC/ Sekretaris Panti Bpk. Agus Setiawan dengan mengingatkan  agar tetap Mematuhi  protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker,  menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan karena Covid-19 belum berakhir dan malah merajalela karena ada virus varian-varian baru salah satunya varian  Delta dimana  cara penularannya sangat cepat bahkan hanya berhadapan saja dengan orang yang positif corona akan tertular seketika.


Maka dari itu hindari kerumunan, jangan berpergian jika tidak penting, jika terpaksa keluar selalu ingat 3m serta sesampai di rumah langsung mandi dan langsung mencuci pakaian yang dikenakan jika perlu direndam dengan air panas.

 

Setelah acara ditutup oleh Ibu H.Sugini sebagai Ketua Panti Asuhan Muhammadiyah Jembrana dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dibawakan oleh Ust.Imron.

 

Kesan yang dirasa selama pelaksanaan Darul Arqom ini anak-anak merasa sangat senang dan terhibur. Selain hadiah ilmu yang mereka dapatkan selama kegiatan acara ini diharapkan sangat berguna demi kelangsungan kaderisasi Muhammadiyah berikutnya.

 

Terimakasih untuk semua penasehat, pengurus serta para donatur dan semua panitia Darul Arqom yang terlibat sehingga acara  ini dapat berjalan dengan lancar.  


Penulis : Agus Setiawan.

Editor   : Rita Wati

 

Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive